Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP) Bogor, Jawa Barat umumkan penerimaan mahasiswa baru dari jalur undangan dan tugas belajar yang diterima masuk di tahun ajaran 2018/2019.
"Total ada 63 siswa dari SMK-PP atau SMK binaan Kementerian Pertanian yang diterima menjadi calon mahasiswa baru STPP Bogor," kata Kepala Sub Bagian Kemahasiswaan dan Alumni STPP Bogor, Usep Rizab di Bogor, Rabu.
Sementara itu, untuk jalur tugas belajar yang diperuntukkan bagi PNS terdapat satu calon mahasiswa baru yang diterima masuk STPP Bogor.
Ia menjelaskan 63 calon mahasiswa baru ini berasal dari lebih dari 10 SMK-PP atau SMK binaan Kementan seperti SMKPP Sembawa, SMKPP Tanjungsari, SMKPPN Bengkulu dan lainnya.
"Untuk jalur tugas belajar ada satu orang yang kami terima berasal dari BPTP Kepulauan Riau," katanya.
Terkait prodi yang diterima dari jalur undangan dan tugas belajar ini meliputi lima prodi yang ada di STPP Bogor di antaranya Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan, Mekanisasi Pertanian, Agribisnis dan Hortikultura, Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan, serta Kesehatan Hewan.
"Mereka yang diterima sebagai calon mahasiswa jalur undangan dan tugas belajar tidak akan mengikuti tes tertulis dan wawancara," katanya.
Menurut Usep, mahasiswa jalur undangan dan tugas belajar dinyatakan diterima di STPP Bogor dengan catatan mengikuti dan lulus dalam tes kesehatan.
Untuk pelaksanaan tes kesehatan akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Juli 2018 di rumah sakit yang ditunjuk oleh STPP Bogor.
"Kami masih koordinasikan rumah sakit yang akan dijadikan tempat tes para mahasiswa," katanya.
Tes kesehatan dilakukan secara mandiri oleh mahasiswa di rumah sakit yang telah ditunjuk.
Dalam waktu dekat STPP Bogor akan transformasi menjadi Politeknik Pembangunan Pertanian atau Polibangtan dimulai tahun 2018 ini STPP Bogor telah resmi berganti nama dengan Polbangtan Bogor dengan penambahan prodi.
Sebelumnya STPP Bogor hanya memiliki dua prodi dan Polbangtan Bogor memiliki lima prodi. Tiga prodi pertanian berada di Kampus pertama Cibalagung Kota Bogor sedangkan untuk dua prodi peternakan berada di Kampus Cinagara Kabupaten Bogor.