Mahasiswa Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP) Bogor mengikuti penjaringan talenta muda Yayasan Dharma Bakti Astra (YDBA) sebagai "care agent" yang fokus pada pengawalan sektor unggulan UMKM, Kamis.
Wakil Ketua I STPP Bogor, Dr. Tri Ratna Sari Dewi menjelaskan mahasiswa yang mengikuti seleksi YDBA ini adalah mahasiswa tingkat empat yang akan wisuda bulan Agustus mendatang.
"Jumlah mahasiswa yang mengikuti seleksi sebanyak 12 orang dari jurusan pertanian dan sembilan mahasiswa dari jurusan peternakan," katanya.
Tri mengharapkan kegiatan ini dapat diikuti oleh mahasiswa, karena apa yang telah STPP Bogor berikan untuk Mahasiswa dapat sesuai dengan kebutuhan & keinginan YDBA.
"Semoga mereka bisa bergabung dengan YDBA. Dan mahasiswa dapat menunjukkan kompetensi, keseriusan, serta keinginannya," kata Tri.    
Sementara itu, Sekretaris Pengurus YDBA, Ida Rotua M. Sigalingging menjelaskan penjaringan dilakukan untuk mencari mahasiswa yang akan dijadikan 'care agent' atau pemberdaya muda. 
"Tugas dari "care agent" adalah mengawal tahapan-tahapan sektor unggulan agar berjalan sesuai dengan target yang telah ditentukan," katanya.
Dari penjaringan ini, lanjutnya, para mahasiswa yang memenuhi syarat akan dikontrak selama satu tahun sebagai pendaya muda mengawal produk unggulan UMKM
"Kriteria yang kami cari adalah mahasiswa yang memiliki kemampuan dapat memecahkan masalah, ketahanan, dan mendapatkan komitmen," katanya. 
Ia menjelaskan YDBA merupakan yayasan bagian dari PT Astra Internasional Tbk, didirikan sebagai komitmen Astra untuk berperan serta secara aktif dalam membangun bangsa, seperti yang diamanatkan dalam butir pertama filosofi Astra, Catur Dharma.
"Catur Dharma yaitu menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara," katanya.
Ida menambahkan, YDBA menjalankan program tanggung jawab sosial Astra dengan fokus pada UMKM yang meliputi UMKM subkontraktor terkait "value chain" bisnis Astra.