STPP BOGOR TERIMA APLIKASI SIKD DARI ANRI

0 Read administrator 2018-02-05 13:29:49

 

Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanaian Bogor bersama 19 Perguruan Tinggi Negeri lainnya menerima Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Senin, 4 Desember 2017 di Hotel Amaroossa Jakarta Selatan. Sebelum acara serah terima Aplikasi SIKD tersebut telah dilaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis  Aplikasi SIKD sebanyak dua kali kegiatan yaitu tanggal 6 – 10 Nopember 2017 di Jogjakarta dan tanggal 22 s.d. 26 Nopember di Batam. Aplikasi SIKD ini merupakan terobosan Anri dalam rangka melaksanakan amanat undang-undang no. 43 tahun 2009 tentang kearsipan serta amanat presiden RI Joko Widodo tentang e-government melalui e-office dan e-arsip. Setelah adanya aplikasi ini diharapkan STPP Bogor dapat memanfaatkan dengan sebesar-besarnya, salah satunya dalam proses surat menyurat dan kearsipan sudah tidak memerlukan lagi kertas tetapi menggunakan sistem informasi dalam SIKD sehingga dapat menghemat anggaran Negara.

Dr. Andi Kasman, SE., MM, Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Anri, menjelaskan dalam arahannya bahwa “Arsip adalah suatu hal yang sangat berharga walaupun sering dianggap sepele. Oleh sebab itu setiap perguruan tinggi sesuai dengan mandat dari undang-undang hendaknya membentuk Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi Negeri (LKPTN) salah satunya melalui aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) yang bermanfaat sebagai akuntabilitas kinerja serta Sistem Informasi Kearsipan Statis (SIKS) sebagai bukti kesejarahan lembaga/PTN”

Selanjutnya, seperti yang tercantum  dalam Berita Acara Serah Terima Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) Nomor : PK.02.08/215/2017 bahwa ANRI menyerahkan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) kepada STPP Bogor untuk kepentingan pengelolaan arsip dinamis dilingkungan STPP Bogor serta memelihara dan menjaga keberlangsungan Sistem aplikasi tersebut. Semoga STPP Bogor semakin maju dengan adanya SIKD ini salah satunya dengan memulai gerakan Sadar Tertib Arsip..

Related News