Gelar Bimtek Kewirausahaan Penyuluh, Distanbun Lebak Datangkan Dosen STPP Bogor.

administrator

Lebak, 4 Oktober 2017

Sebagai salah satu upaya peningkatan kompetensi sumber daya manusia penyuluh khususnya di Kabupaten Lebak, STPP Bogor bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak mengadakan bimbingan teknis kewirausahaan bagi penyuluh pertanian. Sebanyak 6 orang dosen STPP Bogor mengajar dalam bimtek ini. Materi yang diajarkan dosen STPP antara lain Pertanian Modern, Strategi Bersaing dan Keberhasilan Usaha, Penyusunan Business Plan, Manajemen Produksi, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Etika Bisnis, Manajemen Ide Bisnis. Bimtek ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dibidang penyuluhan pertanian,  menambah pemahaman dan pengetahuan dalam kewirausahaan.

 Diikuti oleh penyuluh lingkup Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak sebanyak 133 orang yang terdiri dari penyuluh PNS 49 orang, THL-TBPP 49 orang dan TKK 35 orang. Bimtek ini dilaksanakan di 4 angkatan dari tanggal 26 September-07 Oktober 2017 di Hotel Mutiara Carita Cottages Pandeglang. Bimtek ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak Dede Supriatna, SST yang didampingi Ketua STPP Bogor Ir. Nazaruddin. Dalam arahannya Kadistanbun mengharapkan para penyuluh agar dapat menjadi contoh untuk para petani. “sebagai penyuluh yang profesional, nantinya penyuluh harus dapat menjadi wirausahawan di bidang pertanian yang sukses dan menjadi contoh untuk petani binaannya” papar Kadistanbun. Begitu pula Ketua STPP Bogor mengharapkan hal yang sama. “Para penyuluh harus menjadi wirausahawan yang sukses dibidang pertanian, kuncinya adalah disiplin dan beretos kerja tinggi.” Jelas Ketua STPP.  Usaha pertanian merupakan satu  satu usaha yang menjanjikan dan memberi keuntungan yang signifikan bila dilakukan dengan serius dan disiplin tinggi. Disarankan dalam membangun usaha pertanian agar dilakukan melalui penumbuhan korporasi ( Agiculture Corporate ).

 Sebagai kelanjutan kerjasama STPP Bogor dan Distanbun Lebak ini akan dilaksanakan MOU tentang Penyuluhan, Pelatihan dan Pendidikan Dalam Rangka Percepatan Pendampingan Swasembada dan Swasembada Pangan Berkelanjutan. MOU ini bertujuan untuk memajukan sumber daya yang dimiliki dan sesuai dengan kapasitas Kabupaten Lebak dan STPP Bogor dalam upaya bersama untuk percepatan pencapaian swasembada dan swasembada pangan berkelanjutan.

Related News