TANGGAL
28 April 2017
M
S
S
R
K
J
S
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
pmb onlinePaJaLePortal Multimediabmkg
WEBMAIL
AGENDA
  • [01-10-2016 - 01-10-2016] Konsinyasi BMN
  • [05-10-2016 - 05-10-2016] Sosialisasi Pelayanan Publik STPP Bogor
  • [06-10-2016 - 07-10-2016] Final Lomba Website Lingkup BPPSDMP
SOCIAL MEDIA


RADIO ONLINE
Get the Flash Player to hear this stream.

Kunjungan Duta Perancis ke STPP Bogor

Tanggal : 10/28/2016, 15:59:35, dibaca 234 kali.

Dalam rangka penyelenggaraan Kegiatan International Workshop on French Agro-ecology Master Plan Adaption In Indonesia yang merupakan kerjasama antara Negara Perancis dengan Pemerintah Indonesia, maka Tim Perancis melakukan kunjungan ke Indonesia pada Tanggal 24-26 Oktober 2016. Pada tanggal 25 Oktober 2016 kunjungan dikhususkan ke Bogor sebagai salah satu lokasi yang akan dijadikan sebagai pilot project. Kunjungan diawali dengan kunjungan kehormatan (Courtessy Call) ke Ibu Bupati, selanjutnya ke STPP Bogor dan ke Kelompok Tani pelaksana kegiatan pembangunan pertanian berkelanjutan.

Kunjungan kehormatan tim Perancis Sebastian Bouvatier, Daniel Pezzin dan Thierry Lextrait ke Kabupaten Bogor diterima secara langsung oleh Bupati Kabupaten Bogor yaitu Ibu Nurhayanti dengan ucapan selamat datang dan harapan kunjungan tersebut akan membuka peluang kemitraan global dan akan membawa harapan baru untuk pengembangan pembangunan pertanian berkelanjutan di Indonesia pada umumnya dan Kabupaten Bogor pada khususnya.

Selanjutnya tim Perancis menuju STPP Bogor. Tim disambut dengan meriah oleh tim drum band kebanggaan STPP. Tim melakukan kunjungan singkat ke lokasi kebun jurusan, gudang mesin, lahan praktek, IFS dan diakhiri dengan paparan dari Ketua STPP dan perwakilan Perancis Mr Daniel serta diskusi dengan para dosen di ruang seminar.

Pada siang harinya tim melakukan kunjungan ke lapangan di sekitar Bogor. Kunjungan dilakukan ke pertanian organik di sekitar Kabupaten Bogor dan dipilih dua kelompok tani sebagai lokasi kujungan yaitu kelompok Tani Harapan Kita dan Barokah Abadi di Kecamatan Mega Mendung Bogor. Kujungan tim Perancis ke lapangan didampingi oleh tim dari STPP Bogor, Distanhut Kabupaten Bogor dan BKP5K.

Kunjungan lapang diawali ke Kelompok Tani Harapan Kita yang berlokasi di Desa Cipayung Girang Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. Profil kelompok tani Harapan Kita yaitu potensi kelompok yaitu beranggotakan 20 orang, memiliki luasan lahan 63 ha dan produk unggulan yaitu sayuran organik (sayuran daun, buah, umbi dan bunga) dan ternak sapi perah.

Kunjungan selanjutnya menuju ke kelompok tani Barokah Abadi di Desa Cipayung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. Profil Kelompok tani Barokah Abadi dengan luas lahan 103 ha dan beranggotakan 20 orang yang terdiri dari petani tanaman pangan (padi, jagung, singkong), tanaman hortikultura (sayuran daun, buah dan umbi), peternakan dan kehutanan. Hal menarik yang dijumpai di sini adalah adanya daur ulang dan zero waste yang diterapkan oleh salah seorang anggota kelompok Tani Barokah Abdi. Pak Nugroho seorang petani pisang dan jahe yang juga membudidayakan “Cascing”. Petani ini menerima buangan baglog (media jamur) sebagai media tumbuh cacing ditambah dengan cacahan batang pisang miliknya. Setelah bahan organik dihasilkan, bahan organik tersebut dijadikan pupuk untuk tanaman jahe yang ditanamnya. Hasil produk jahe yang dipupuk dengan bahan organik ini tumbuhnya besar-besar dan banyak.

Demikian kunjungan tim Perancis ke tiga lokasi di kabupaten Bogor. Semoga kunjungan tersebut dapat membuka peluang kemitraan antara pihak Perancis dan Indonesia. Pembahasan di hari berikutnya semoga dapat menghasilkan kesepakatan diantara dua Negara untuk pengembangan pertanian, yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan daya beli para petani di Kabupaten Bogor pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

(DG)



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas